bosmobil.com

22 March 2013

Atribut Khas Rally Car Tempo Dulu

Viewed 4,380 times

Bosmobil.com - Rally.... Siapa sih yang tak kenal dengan balapan yang satu ini? Selain medannya yang keras, tampilan mobil rally atau Rally Car juga dipenuhi beragam atribut yang berguna sebagai piranti penunjang keselamatan. Namun di era-era awal balap rally, atribut yang dikenakan Rally Car agak berbeda dengan Rally Car masa kini.

Nah...kira-kira apa saja atribut yang diaplikasikan di Rally Car tempo dulu? Ini dia beberapa di antaranya...!

Roll Bar

Atribut Khas Rally Car Tempo Dulu

Roll bar merupakan salah satu piranti penunjang keselamatan terpenting berbentuk pipa berbahan metal tanpa sambungan (seamless) yang wajib diaplikasikan di setiap mobil balap. Tak hanya di mobil balap aspal saja, sebuah Rally Car pun harus mengadopsikan piranti yang bisa melindungi pengemudinya dari dampak buruk saat terjadinya kecelakaan ini.

Sedangkan untuk standarisasi desain konstruksi roll bar ini biasanya berbeda, karena memang disesuaikan dengan kebutuhan balap rally tersebut. Namun pastinya ditancapkan disekeliling kabin.

Seat Belt

Atribut Khas Rally Car Tempo Dulu

Sama seperti roll bar, piranti keselamatan yang satu inipun tak boleh dilupakan. Setiap mobil balap aspal ataupun Rally Car pastinya harus dibekali seat belt. Namun seat belt yang diaplikasikan di mobil balap atau Rally Car sangat jauh berbeda dengan yang diadopsikan ke mobil-mobil produksi massal.

Seat belt di mobil-mobil rally minimal memiliki 4 titik pengikatan. Namun ada juga yang hingga 6 titik pengikatan. Seat belt ini berguna untuk menahan pembalap tetap pada tempat duduknya ketika mobil menabrak sesuatu ataupun saat berguling.

Mud Flaps

Atribut Khas Rally Car Tempo Dulu

Mud flaps di kalangan pecinta balap rally di Indonesia lebih dikenal dengan sebutan ‘kepet’. Mud flaps ini berguna untuk menahan lumpur, kerikil, air yang terlempar dari ban, sehingga tak membahayakan bagian kolong mobil dan juga penonton balap rally yang berada di tepi trek.

Di balap rally era 1980-an, mud flaps atau kepet ini masih memiliki desain yang sangat kaku dan tradisional, dengan ukurannya yang sangat lebar. Namun seiring berjalannya waktu, desain mud flaps ikutan berubah dan tak selebar seperti dulu. Hal ini disebabkan karena desain spatbor Rally Car masa kini yang sudah lebar dan menutupi hampir sebagian besar diameter ban.

Lampu Kabut Tambahan

Atribut Khas Rally Car Tempo Dulu

Tak melulu di pagi hari dan siang hari, balap rally terkadang berlangsung juga di malam hari. Belum lagi masih diperparah oleh kondisi cuaca hujan deras dan berkabut. Oleh karena itu, sebuah Rally Car sangat penting untuk mengadopsi lampu kabut tambahan demi memberikan penerangan ekstra ke trek yang akan dilewati. Dengan begitu, resiko kecelakaan akibat salah ambil jalur bisa diminimalisir. Sedangkan untuk jumlahnya, banyak Rally Car yang menancapkan lampu kabut tambahan bahkan hingga 3 pasang di sektor bumper depan.

Bonnet Pin dan Trunk Lock

Atribut Khas Rally Car Tempo Dulu

Walaupun terkesan remeh, namun bonnet pin dan trunk lock ini memiliki kegunaan yang cukup penting dan harus disematkan juga di setiap mobil balap aspal dan Rally Car. Bonnet pin diletakkan di kap mesin (bonnet) yang berguna sebagai pengikat tambahan supaya kap mesin tak terbuka ketika Rally Car tersebut sedang dipacu pada kecepatan tinggi dan dengan permukaan trek tak rata.

Atribut Khas Rally Car Tempo Dulu

Sementara untuk trunk lock diaplikasikan di bagian luar bagasi untuk Rally Car berbentuk sedan dan memiliki kegunaan yang kurang lebih sama dengan bonnet pin, yaitu supaya resiko bagasi terbuka tiba-tiba pun bisa diantisipasi.

 

Teks/Foto:Endy/Endy, www

Tags Under: Rubrik Klasik

KOMENTAR